Beli Rumah Cash Bertahap. Memang Bisa?

Membeli rumah memang menjadi salah satu rencana besar yang dimiliki manusia. Sehingga dalam memilihnya pun tidak asal-asalan. Entah rumah tersebut masih baru atau sudah bekas, semuanya sama saja.

Pemilihan sistem pembayaran juga perlu diperhitungkan sesuai dengan budget yang anda punya. Karena yang tahu kondisi keuangan anda adalah anda sendiri. Sehingga bijaklah dalam menggunakannya dan jangan memilih sistem pembayaran yang tidak bisa anda sanggupi atau dijalankan.


Semua ada konsekuensi di pilihan-pilihan tersebut. Jika anda tidak mempunyai uang yang pas atau lebih untuk membeli rumah, anda bisa menggunakan cash bertahap dalam membayarnya. Jangan salah, ternyata bisa membeli rumah dengan cara ini tidak hanya beli secara kredit maupun tunai.

Pasti banyak orang yang belum tahu tentang bagaimana cara beli rumah cash bertahap. Sehingga disini akan diulas tentang cara beli rumah tersebut. Berikut ini cara-cara yang bisa digunakan, antara lain:

1. Cicillah Rumah tanpa Bunga
Jika mengambil cara pembayaran ini, maka anda dalam mencicil tanpa adanya bunga, maupun riba. Umumnya, metode pembayaran ini ditawarkan langsung oleh para developer. Sehingga anda tidak perlu takut menggunakan cara ini. Karena cara pembayaran ini halal.

2. Terdapat Diskon yang Bisa Anda Manfaatkan
Untuk cara pembayaran ini terdapat diskon dari developer sehingga bisa anda manfaatkan untuk dapat harga yang relatif murah dan rumahnya bagus. Banyak sekali developer rumah yang sering memberikan promo berupa potongan harga bila pembeli membayar rumah secara tunai.

Potongan yang diberikan di metode pembayaran ini cukup sedikit daripada pembayaran secara tunai keras. Tetapi sama saja, ada keuntungannya dapat diskon.

3. Tidak Usah Mengurus Administrasi
Dalam hal ini, pembeli tidak usah melakukan administrasi atau mengurusnya. Pembeli tidak perlu mengeluarkan waktu dan tenaganya terlalu untuk mengurus hal tersebut. Selain itu juga, anda tidak perlu mengeluarkan uang untuk administrasi, bunga bank, dan lain sebagainya.

4. Lakukan DP Besar Dulu di Awal
Jika menggunakan metode ini otomatis harus melakukan DP besar dulu. Biasanya bank akan memberikan patokan harga DP sebesar 10-20 persen. Sehingga anda perlu emmpersiapkan uang di awal dulu dengan budget besar untuk menggunakan cara ini.

6. Melakukan Pelunasan dalam Waktu Singkat
Jangka pembayaran beli rumah cash bertahap lebih singkat daripada kredit. Sehingga hal tersebut membuat para pembeli menyiapkan uang jumlah besar dalam membayar setiap bulannya.

Hal ini tentunya membuat pembeli harus menyiapkan uang dalam jumlah besar untuk membayar setiap bulannya. Tetapi untuk jangka waktu tersebut bisa disepakati bersama antara pembeli dengan developer.

Perlu diketahui penjual rumah bisa perseorangan maupun developer. Biasanya pembayaran di cara ini dilakukan sampai bisa 18 bulan bahkan sampai 3 tahun. Setiap pembayaran perlu ada bukti tertulis sehingga sang pemilik mempunyai hak penuh dalam menyimpan berkas rumah setelah DP.

Perlu diketahui bahwa tidak semua developer menggunakan cara ini untuk menjual rumahnya. Rata-rata developer memberikan sistem pembayaran secara syariah. Jadi, intinya mencicil dengan cara ini tidak lebih dari 5 tahun.

7. Lakukan Perjanjian dengan Developer
Pastikan anda membeli rumah ini dengan menegaskan membuat perjanjian dengan developer agar terjadi kejelasan. Jika cara ini dilakukan dengan secara syariah, maka penjualan rumah dilakukan secara inden. Istilahnya ada akad secara jelas namanya.

8. Dapatkan Bonus dari Developer
Selain ada promo, ternyata dengan menggunakan cara ini juga terdapat bonus yang didapat dari developer. Bonus bisa berupa pemberian barang-barang yang dibutuhkan di rumah yang sifatnya sekunder. Misalnya diberi TV, kulkas, kompor, dan lain-lain.

Sehingga terdapat keuntungan membeli rumah dengan cara cash atau tunai langsung atau cash secara bertahap. Walaupun, begitu anda tetap harus menjadi pembeli yang cermat dalam hal apapun.

Jual rumah di Alam Sutera bisa menjadi pilihan yang cocok bagi anda para pembeli yang ingin melakukan pembelian secara cash bertahap. Itulah penjelasan tentang cara dan seluk beluk dari beli rumah cash bertahap yang ternyata bisa dilakukan selain cash maupun kredit.

Jadilah pembeli yang bijak. Semoga bermanfaat.

0 Response to "Beli Rumah Cash Bertahap. Memang Bisa?"

Post a Comment

Terimaksih atas kunjungan anda
Mohon untuk berkomentar yang sopan, tidak mengandung kalimat yang berbau kekerasan atau kriminal
Dilarang menaruh Link Aktif di Komentar, disitu sudah tersedia Profil Name/Url silahkan dimanfaatkan

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel