Millenials, Yuk Mulai Investasi Saham

image by tek.id

Semakin majunya era teknologi dan industry hingga mencapai era Revolusi Industri 4.0 tentu tuntutan kebutuhan dan perkembangan jaman semakin meningkat. Demi memenuhi hal tersebut, investasi saham bisa menjadi salah satu opsi. Memulai investasi pasar cukup menguntungkan untuk keuangan di masa depan. Jika anda pintar-pintar dalam berinvestasi, anda bisa menjadi orang terkaya di usia muda. Sebutlah Dharmadi Gusanto seorang investor millennial yang sukses meraup untung. Ia pun memilih Mandiri Sekuritas sebagai tempat ia memulai investasi saham. Mandiri Sekuritas mempermudah investasi saham dengan platform MOST (Mandiri Online Securities Trading) yang dapat diinstal pada smartphone. Tidak perlu khawatir kesulitan, sebab belajar berinvestasi sekarang semakin dipermudah. Tinggal perhatikan tips-tips dalam berinvestasi seperti di bawah ini.

Luangkan Waktu untuk Belajar

Bagi para millennials yang belum punya basic dalam ilmu ekonomi terutama di bidang investasi saham, maka mulailah meluangkan waktu untuk mempelajarinya. Sebab banyak istilah asing yang akan anda temui di dunia pasar modal ini. Ikuti fourm maupun grup-grup yang focus membahas saham. Biasanya di sana anda akan menemui orang yang lebih expert sehingga bisa belajar lebih banyak kepada mereka. Perbanyak wawasan anda dengan membaca buku yang ditulis oleh para ahli saham di Indonesia seperti Ellen May, Ryan Filber Wijaya, Raymond Budiman, dan sebagainya. Kalua mau lebih simple lagi anda bisa menyimak banyak ulasan tentang investasi saham di youtube

Mulailah Investasi Saham dari Kecil Dulu

Terjun ke dunia pasar modal harus hati-hati dan cermat. Jika salah langkah anda bisa mendapatkan kerugian yang besar. Semakin besar dana yang dipertaruhkan, maka semakin tinggi pula risikonya. Maka dalam berinvestasi mulailah dengan dana yang kecil dulu jangan langsung besar. Bisa dengan nominal belasan juta. Bahkan banyak juga yang memulai investasi saham dengan nominal ratusan ribu.
Jika memulai investasi saham dengan angka kecil maka pilihlah perusahaan sekuritas yang menyediakan akun dengan minimal deposit awal Rp100.000. Namun, biasanya kutipan fee per transaksinya sedikit lebih tinggi dari akun yang depositnya besar. Namun tak perlu khawatir dengan fee jika anda bukan trader yang jumlah jual-belinya sangat rutin. Biasanya fee hanya dikenakan ketika anda bertransaksi.

Tetap Amati Kondisi Politik dan Ekonomi

Bekerja di bidang investasi saham ini bermakna anda memegang suatu perusahan. Yang mana suatu perusahaan sangat rentan mengalami perubahan terutama bidang ekonomi. Hal ini akhirnya mempengaruhi harga saham.

Kondisi politik juga seringkali mempengaruhi pergerakan harga saham. Sebab kondisi politik ini juga terkait persepsi para investor. Belum lagi rumor yang sering beredar dalam bidang politik juga memantik naik turunnya harga saham.

Peka terhadap situasi ekonomi dan politik ini menjadi hal penting untuk mengambil keputusan terkait investasi saham anda. Maka cobalah untuk rajin-rajin menyimak berita terkait politik, bisnis, dan ekonomi. Bahkan seringkali kebijakan pemerintah juga berpengaruh terhadap perusahaan yang sahamnya anda pegang.

Memahami Perusahaan

Salah seorang investor kawakan Lo Kheng Hong bisa anda jadikan contoh bagaimana ia dapat memperoleh miliaran dengan investasi saham-saham Grup Indika, yakni PT Indika Energy Tbk. (INDY), PT Mitrabahtera Segara Sejati Tbk. (MBSS), dan PT Petrosea Tbk. (PTRO).

Ia berani menaruh dana besar karena ia memahami bisnis apa yang dijalankan perusahaan- perusahaan tersebut. Anda juga bisa memulai dengan memahami kinerja perusahaan yang anda minati untuk invetasi saham. Pahami juga industrinya, apakah saat ini sedang naik atau surut.

Memilih Saham

Memilih saham-saham dengan nilai Rasio PE rendah lebih menarik karena laba per sahamnya relatif tinggi dibandingkan dengan harga sahamnya. Tingkat rasio ini menunjukkan tingkat kepercayaan yang dimiliki investor terhadap perusahaan. Semakin tinggi rasio P/E, semakin besar kepercayaan investor untuk investasi saham.Walaupun sebenarnya tidak ada ketentuan seberapa besar atau kecil batas nilai PE yang harus Anda pilih. Nilai PER yang sudah tinggi pun belum tentu harga sahamnya tidak akan naik lagi.

Memulai investasi saham tidaklah sulit asal anda telaten dan cermat. Apalagi mengingat bagi generasi millennial industry pasar modal ini akan lebih banyak menguntungkan anda dalam membuat planning jangka panjang. Jadi, tunggu apalagi? Millennial, yuk mulai investasi saham di Mandiri Sekuritas.

0 Response to "Millenials, Yuk Mulai Investasi Saham"

Post a Comment

Terimaksih atas kunjungan anda
Mohon untuk berkomentar yang sopan, tidak mengandung kalimat yang berbau kekerasan atau kriminal
Dilarang menaruh Link Aktif di Komentar, disitu sudah tersedia Profil Name/Url silahkan dimanfaatkan

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel