Hal Penting yang Ternyata Buat Kamu Makin Boros, Kenali Dulu Yuk Agar Bisa Lebih Hemat


Mengatur dan mengelola keuangan demi menjadi kaya raya bukanlah perkara mudah. Meski begitu, hal itu bukan tak mungkin untuk dilakukan. Sheldon Adelson, orang terkaya selaku pemilik Israel Ha Yom (surat kabar Israel) dan Las Vegas Sands menyebutkan bahwa kunci dari strateginya untuk menjadi kaya adalah dengan menetapkan hal jangka panjang.

Salah satu cara yang selalu disarankan oleh mereka yang telah berhasil meraih kekayaan dan kesuksesannya adalah hidup berhemat. Selalu gunakan uang dalam jumlah lebih sedikit daripada yang bisa Kamu hasilkan. Artinya, jangan pernah lebih besar pasak daripada tiang.

Kamu bisa berlatih lebih baik bijak dan cerdas lagi dalam pengaturan keuanganmu. Caranya pun banyak. Mulai dari memangkas hal-hal tak perlu yang bukan merupakan prioritasmu sampai dengan menghindari pinjaman uang. Pasalnya, tanpa disadari, ada beberapa hal yang sebenarnya membuatmu keuanganmu boros. Padahal hal ini sebenarnya bisa diantisipasi jika Kamu lebih jeli.

Umumnya, hal ini bisa berupa pengeluaran harian yang sudah terlanjur menjadi kebiasaan. Ada juga beberapa di antaranya yang dimaksudkan untuk menekan pengeluaran dari gaji bulanan. Namun sayangnya, alih-alih menekan dan mengobati stress, beberapa hal ini justru malah membuat pengeluaranmu kian membengkak. Apa saja hal itu? Simak uraiannya mengenai beberapa hal penting yang ternyata membuatmu makin boros. Kenali sebagai berikut agar keuanganmu bisa jadi lebih hemat lagi.

1. Makan di Luar
Pilihan makan di luar kerap diambil jika Kamu tinggal di kota-kota besar. Di satu sisi, makan diluar memang bisa menghemat waktumu. Namun kebiasaan ini justru membuatmu boros dalam pengeluaran. Dengan alasan praktis dan hemat waktu ini, banyak orang yang akhirnya lebih memilih makan di luar saja agar semua serba cepat. Padahal, makan di rumah bisa membuatmu menghemat sejumlah uang dan terhindar dari pemborosan.

2. Minum Kopi Premium
Apakah ini merupakan salah satu kebiasaanmu? Minum kopi premium yang harganya cukup mahal bisa jadi sudah Kamu lakukan selama ini karena berbagai alasan. Namun, jika memang ada yang lebih murah dan ekonomis, mengapa tidak? Kamu bisa menyiasati keuanganmu dengan kurangi kebiasaan mengopi di café dan menggantinya dengan membuat kopi di kantor atau di rumah. Lagipula jika memang asupan kafeinlah yang Kamu butuhkan, maka yang terpenting adalah fungsinya, bukan?

3. Sering Gunakan Transportasi Online
Karena alasan kenyamanan dan kepraktisan waktu, seringnya Kamu menggunakan transportasi online dengan harga yang lebih mahal ketimbang transportasi umum yang lainnya. Memang benar bahwa harga ojek online juga lebih murah terutama jika jarak yang ditempuhnya dekat.
Namun jika keseringan, apalagi jika jarak tempuhmu ternyata cukup jauh, bisa dibayangkan bahwa cara ini hanya akan membuat pengeluaranmu lebih bengkak. Cobalah lebih cerdik lagi dalam mengatur waktu dan uangmu. Jika Kamu bisa bersiap-siap lebih awal, akan ada lebih banyak uang lagi yang bisa Kamu hemat. Dengan begitu, Kamu bisa gunakan busway, KRL dan angkutan umum alih-alih transportasi online yang relatif lebih mahal.

4. Update Gadget
Di era digital dan modern yang serba canggih ini, setiap waktunya gadget terbaru bisa jadi terus diproduksi. Berbagai inovasi ini kerap menarik perhatian kaum urban dan membuat mereka jadi ikutan latah untuk membeli setiap produk baru yang dirilis. Apakah Kamu juga termasuk salah satunya? Jangan termakan dengan gaya hidup konsumtif seperti ini, terutama jika kesanggupan bayarmu masih belum memadai.
Kamu tentu tak ingin tabunganmu cepat habis, bukan? Bila perlu, matikan TV dan berpuasalah dari televisi agar Kamu tak perlu termakan oleh iklan-iklan yang menggoda dan menggiurkan. Cara ini terbukti cukup efektif setelah dilakukan sebagian besar orang. Bertahanlah pada satu gadget yang mendukung pekerjaanmu selama masih kondusif dan memungkinkan.

5. Perawatan Kecantikan yang Berlebihan
Bagi kaum urban yang cosmo, merawat kecantikan tubuh dan wajah tak hanya berlaku bagi kaum hawa tapi juga para pria. Apalagi jika pekerjaanmu menuntut Kamu untuk tampil terawat dan menarik dan Kamu sendiri hidup di daerah perkotaan yang tingkat polusinya mengkhawatirkan.
Perawatan kulit memang diperlukan agar terhindar dari cuaca dan polusi yang merugikanmu. Meski begitu, jika hal ini dilakukan secara berlebihan, bukan tak mungkin semua ini malah hanya akan menguras kantongmu. Terlebih jika ternyata Kamu sering menghabiskan penghasilanmu demi perawatan salon atau spa di tempat-tempat yang harganya mahal.
Coba alternatif lain dengan mengaplikasikan bahan-bahan alami dalam perawatan kecantikanmu. Tips-tips seputar ini bisa Kamu dapatkan dengan mudah by Googling.

6. Upgrade Layanan TV Langganan ke Premium
Pertimbangkan kembali jika Kamu hendak melakukan hal ini. Apakah Kamu benar-benar memerlukannya? Uprade layanan TV langganan ke premium memang bisa membuatmu mempunyai banyak kanal TV, baik lokal maupun internasional. Meski begitu, bukankah waktumu lebih banyak dihabiskan di kantor dan di jalan?
Ada banyak hiburan yang bisa Kamu dapatkan dari TV lokal. Kamu pun bisa mendapatkan banyak hiburan lainnya dengan menonton film melalui live streaming di internet yang kini sudah semakin mudah untuk diakses.

7. BBM Premium
Jenis BBM yang tersedia di pasaran ada beragam. Mulai dari yang paling murah hingga ke yang premium—yang cukup menguras kantong. Selain itu, ada juga opsi BBM dari perusahaan negara atau lokal hingga produk dari perusahaan asing.
Jika selama ini Kamu sering mengisi BBM dari perusahaan asing dengan harga yang mahal, mulai sekarang Kamu bisa mengganti pilihanmu. Pilih BBM dari perusahaan lokal dengan oktan tinggi—namun yang harganya masih terjangkau, ramah dan bersahabat.

8. Obat Tanpa Generik
Obat pilihanmu saat sakit juga bisa menjadi pilihan yang boros tanpa Kamu sadari. Yang terbaik adalah memilih mengonsumsi obat generik yang sesuai dengan resep dokter tentunya. Sudah bukan rahasia lagi bahwa harga obat generik tergolong lebih murah bila dibandingkan dengan yang lain.
Agar terhindar dari sakit, Kamu juga bisa menambah suplemen makanan dan asupan vitamin dalam keseharianmu. Jangan salah, berinvestasi dalam kesehatan seperti ini tentunya berguna untuk menjaga stamina fisikmu agar tetap sehat dalam jangka panjang, yang pada akhirnya membuatmu lebih berhemat lagi dalam hal keuangan. Selamat mencoba!

1 Response to "Hal Penting yang Ternyata Buat Kamu Makin Boros, Kenali Dulu Yuk Agar Bisa Lebih Hemat"

Terimaksih atas kunjungan anda
Mohon untuk berkomentar yang sopan, tidak mengandung kalimat yang berbau kekerasan atau kriminal
Dilarang menaruh Link Aktif di Komentar, disitu sudah tersedia Profil Name/Url silahkan dimanfaatkan

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel