Mengapa Mencuci Daging Ayam Sebelum Dimasak Itu Tidak Aman?? Bacalah Alasannya

Apakah kamu biasa mencuci Daging ayam sebelum dimasak ? menurut penelitian ternyata itu tidak aman lho. lalu Mengapa mencuci ayam sebelum dimasak itu tidak aman ??
Seperti kebanyakan orang, Anda mungkin percaya bahwa mencuci ayam mentah sebelum memasaknya adalah hal yang aman aman saja, atau bahkan mencegah penyakit karena makanan. Pada kenyataannya, yang terjadi adalah sebaliknya.

"Anda harus punya anggapan bahwa jika Anda memiliki ayam, Anda juga memiliki bakteri Salmonella atau Campylobacter di atasnya, atau keduanya," kata peneliti keamanan makanan Jennifer Quinlan, associate professor di Drexel University. Kedua bakteri ini, adalah penyebab utama penyakit karena makanan. "Jika Anda mencucinya, Anda mungkin malah akan menyebarkan bakteri tersebut ke seluruh dapur dan diri sendiri. jika anda mencuci dengan cara disemprot atau menggunakan kran, dan menyebakan percikan air kemana-kamana" Dan air yang akan Anda gunakan untuk membilas ayam tidak cukup panas untuk membunuh kedua bakteri tersebut.

Mengapa Mencuci Daging Ayam Sebelum Dimasak Itu Tidak Aman

Quinlan bekerja dengan mahasiswa doktoral Shauna Henley menemukan bahwa mencuci unggas mentah umumnya merupakan praktek tidak aman bagi orang-orang dalam beberapa kelompok minoritas, meskipun selanjutnya, survei yang lebih besar oleh para peneliti yang sama menunjukkan praktek yang umum dilakukan kebanyakan orang juga, bukam kelompok minoritas saja.

Orang-orang yang melekat dengan kebiasaan mencuci unggas mentah , Quinlan mencatat hal itu untuk berbagai alasan. Menurut studi kelompok fokus mereka, "Beberapa berpikir mereka sedang membersihkanya dari kuman," katanya. "Beberapa hanya ingin untuk lendir berkurang, atau merasa seperti masih kotor."

Pada kenyataannya, mencuci ayam meningkatkan risiko bahwa bakteri berbahaya dapat menyebar ke wastafel dan sekitarnya permukaan melalui proses yang disebut aerosolization. Jika orang sedang makan makanan yg dipersiapkan pada permukaan yang terkena cipratan saat mencici, mereka bisa menjadi sakit melalui kontaminasi silang jadi sebenarnya Anda hanya tidak perlu mencuci ayam tersebut karena saat memasak dengan suhu yang tepat akan dapat membunuh bakteri tersebut, jadi bakteri tidak menyebar melalui proses pencucian.

jadi Sebuah cara aman untuk meghilangkan lendir, adalah dengan menghapus lembut dengan handuk kertas dan kemudian membuang lap kertas tadi jauh-jauh. hal ini untuk meminimalisir menyebarnya bakteri.

Nah jika Anda kurang yakin dengan Artikel ini, silahkan baca di link berikut dan lihat videonya
http://www.livescience.com/50919-why-washing-chicken-before-cooking-is-unsafe.html

atau lihat video ini :

 
Dalam artikel tersebut juga mereka mengajak dan mengkampayekan kegiatan "Don't Wash Your Chicken" karena memnag bahaya mengancam jadi. bagaimana menurut Anda?

Kesimpulanya menurut saya, jika memang Anda ingin mencuci maka cucilah dengan aman dan jangan sampai terjadi cipratan air bekas cuci dimana-mana dan bersihkan tangan Anda setelah mencuci ayam, sebelum anda memgang alat masak lainya.

0 Response to "Mengapa Mencuci Daging Ayam Sebelum Dimasak Itu Tidak Aman?? Bacalah Alasannya"

Post a Comment

Terimaksih atas kunjungan anda
Mohon untuk berkomentar yang sopan, tidak mengandung kalimat yang berbau kekerasan atau kriminal
Dilarang menaruh Link Aktif di Komentar, disitu sudah tersedia Profil Name/Url silahkan dimanfaatkan

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel