TENTANG DESAIN GRAFIS (GRAPHIC DESIGN)


Selamat Pagi, siang, sore, malem sobat semua,hhehe selamatnya menyesuaikan sobat yang baca aja ya… yang penting selalu semangat pagii. Akhirnya setelah sekian lama ga bias posting diblog ini  karana suatu kesibukan, sekarang kang azis menyempatkan waktu untuk posting, berbagi pengetahuan kepada sobat-sobat semua. DESAIN GRAFIS, pasti sobat semua sudah sering kan mendengar kata ini, nah disini saya akan mengulas sedikit tentang DESAIN GRAFIS.
DESAIN GRAFIS (Graphic Design) adalah: suatu bentuk komunikasi visual yang menggunakan gambar untuk menyampaikan informasi atau pesan seefektif mungkin. Seni disain grafis mencakup kemampuan kognitif dan keterampilan visual, termasuk di dalamnya tipografi, ilustrasi, fotografi, pengolahan gambar, dan tata letak. Desain grafis pada awalnya diterapkan untuk media-media statis, seperti buku, majalah, dan brosur. Sebagai tambahan, sejalan dengan perkembangan
zaman, desain grafis juga diterapkan dalam media elektronik, yang sering kali disebut sebagai desain interaktif atau desain multimedia. Batas dimensi pun telah berubah seiring perkembangan pemikiran tentang desain. Desain grafis bisa diterapkan menjadi sebuah desain lingkungan yang mencakup pengolahan ruang.
Sedikit Sejarah Tentang Desain Grafis
                Ilmu desain grafis belum begitu lama ada, Istilah graphic design yang berarti Desain Grafis pertama kali dikemukakan oleh William Addison Dwiggins pada tahun 1922, sebenarnya sejak zaman prasejarah sudah ada aktivitas manusia untuk membuat seni yang seperti desain grafis, beberapa diantaranya adalah di Gua Lascaux, Kolom Trajan Roma, Manuskrip abad pertengahan, dan Neon Ginza. Dalam sejarah yang panjang dan seiring perkembangan komunikasi visual di abad 20 dan 21, Banyak terjadi kesaaman pada seni periklanan, desain grafis, dan seni rupa. Nah seiring perkembangan Zaman, Desaijn Grafis sekarang mempunyai banyak fungsi bagi kehidupan masyarakat, Hampir semua aspek memerlukan Desain Grafis.

Sebuah produk desain yang sudah dipublikasikan kepada khalayak, tercipta melalui beberapa proses tahapan atau jenjang.
1.      Visual Comunicator
Merupakan orang pertama yang menyampaikan pesan dari klien dalam membuat produk informasi. Gagasan dan ide semua bermula dari sini
2.      Visualiser
Orang yang menindaklanjuti ide atau gagasan dari Visual Comunicator, Oran ini bertugas untuk memvisualisasikan/ menggambarkan suatu ide yang awalnya masih dalam angan-angan menjadi bentuk sketsa kasar (draft) dari apa yang ditangkapnya.
3.      Copy Writer
Tugasnya untuk Menindaklanjuti hasil draft dari Visualiser, dipadukan untuk merancang kata-kata yang pas untuk desain tersebut. Peran ini sangat penting karena kata-kata yang dirancang harus mampu mengkomunikasikan ide tersebut kepada khalayak agar orang yang melihatnya mengikuti pesan yang kita sampaikan.
4.      Pekerja Grafis
Tugasnya untuk menyusun typographi, tata letak (layout), elemen gambar agar menjadi menarik, dan memiliki nilai artisitik yang tinggi. Yang selanjutnya tugas pekerja grafis ini mempersiapkan karya tersebut untuk diserahkan kebagian percetakan. Pekerja Grafis ini berbeda dengan Designer Graphic, kalau Designer Graphic adalah seorang perancang yang membuat karya dari nol, jadi Designer Graphic bisa dibilang dapat mencakup semua peran diatas tadi.
Demikian sedikit ulasan tentang Desain Grafis dari kang azis dan semoga bermanfaat. Menjadi seorang pekerja desain grafis itu sangat menyenangkan karena kita bias bebas berimajinasi mengsah kreatifitas kita, itulah mengapa saya pribadi sangat senang dengan desain grafis, dan ingin selalu mempelajari dan berbagi sedikit pengetahuan kepada sobat semua.

2 Responses to "TENTANG DESAIN GRAFIS (GRAPHIC DESIGN)"

  1. informasinya sangat bermanfaat untuk menambah wawasan ...
    kunjungi kami juga ya di http://flashcomindonesia.com/kursus-graphic-design-surabaya.html

    terima kasih ...

    ReplyDelete

Terimaksih atas kunjungan anda
Mohon untuk berkomentar yang sopan, tidak mengandung kalimat yang berbau kekerasan atau kriminal
Dilarang menaruh Link Aktif di Komentar, disitu sudah tersedia Profil Name/Url silahkan dimanfaatkan

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel