Ramadhan, Tips Agar Kondisi Tetap Prima dan Sehat Saat Berpuasa Ramadhan

Menjelang Bulan Suci Ramadhan, Bulan suci Ramadhan merupakan bulan yang penuh berkah bagi umat muslim, dan merupakan bulan dimana kita diwajibkan untuk berpuasa, dalam beberapa hari kedepan bulan ramadhan akan tiba. Saat berpuasa kita bukan hanya menahan lapar saja namun juga menahan hawa nafsu kita. Dibulan Ramadhan kita perlu menyiapkan fisik dan mental kita untuk menjalani puasa selama satu bulan penuh, dibutuhkan niat dan kesungguhan untuk menjalaninya karena merupakan suatu kewajiban. untuk menjaga tubuh kita tetap sehat dan prima di bulan ramadhan, kita perlu mengatur pola makan kita dan lain sebagainya baik saat berbuka maupun saat sahur.

Sehat Saat Berpuasa Ramadhan

Perubahan jadwal makan pastinya akan membuat proses metabolisme tubuh juga berubah sehingga perlu penyesuaian di awal-awal bulan puasa. Demikian juga asupan karbohidrat, protein dan vitamin yang sangat mendukung kinerja alat tubuh secara optimal otomatis berubah takarannya, terutama dalam waktu konsumsinya.

Untuk menjaga tubuh tetap prima, berikut ini ada Tips yang perlu diperhatikan, semoga tips ini dapat membantu menyempurnakan puasa kita. Tips ini untuk berbuka dan sahur.

1. Konsumsi Makanan Bergizi Saat Sahur maupun Buka Puasa
Jangan lupa selalu mengkonsumsi makanan bergizi baik pada saat sahur maupun berbuka puasa. Walau menu sederhana sekalipun, yang penting mengandung lima unsur gizi lengkap seperti protein, lemak, karbohidrat, vitamin, dan mineral. hal ini untuk menjaga asupan gizi dalam tubuh kita supaya tetap fit dan sehat saat menjalani aktivitas di bulan ramadhan.

2. Perbanyak Minum Air Putih Dimalam Hari
Untuk menjaga cairan tubuh kita dan menghindari / mengurangi dehidrasi saat puasa, usahakan perbanyak minum air putih di malam hari setelah buka puasa dan saat sahur.

3. Makanan dan Minuman Yang Manis
konsumsi makanan atau minuman yang manis dan lembut saat berbuka maupun sahur. Karena selama berpuasa tubuh pasti kehilangan banyak nutrisi dan energi. Makanan atau minuman yang mengandung gula akan mampu memberi asupan nutrisi dan energi dengan cepat sehingga tubuh akan kembali segar dalam waktu singkat. jangan mengkonsumsi minuman yang mengandung soda, karena dapat menimbulkan akibat buruk bagi perut Anda.

4. Perbanyak Makanan yang Berserat dan Berprotein
perbanyaklah mengkonsumsi jenis makanan berserat yang banyak terdapat dalam sayur dan buah, untuk menahan rasa lapar saat puasa, karena tubuh kita memerlukan waktu lebih lama untuk mencerna makanan yang banyak mengandung serat.

5. Makanan Bervitamin dan Mineral
Selain memperbanyak makanan berserat dan makanan yang mengandung protein, sebaiknya kamu juga menyediakan makanan yang mengandung vitamin dan mineral agar tubuh tetap segar bugar sepanjang hari. Vitamin yang penting dikonsumsi setiap hari adalah vitamin A, B, dan C.

6. Makan Secara Perlahan
Saat berbuka puasa dibiasakan makan secara perlahan jangan tergesa-gesa, dengan makan dan mengunyah secara perlahan hingga lembut akan membantu sistem pencernaan anda bekerja tidak terlalu berat dalam mencerna makanan sehingga Dengan demikian kerja lambung tidak terlampau berat.

7. Jangan Makan Terlalu Kenyang
Kita harus tahu kondisi tubuh kita, jangan paksakan perut kita menampung banyak makanan jika memang sudah terlalu kenyang. Berhenti makan saat mulai kenyang, jangan sampai kekenyangan atau terlalu kenyang. Anda bisa selingi dengan mengemil dalam jangka waktu 2 sampai 3 jam sekali.

Nah berikut tadi Tips supaya tetap Prima saat Puasa baik sehabis berbuka puasa maupun sebelum berbuka puasa, semoga bermanfaat dan puasamu lancar, selamat menunaikan ibadah puasa Ramadhan. terimakasih

1 Response to "Ramadhan, Tips Agar Kondisi Tetap Prima dan Sehat Saat Berpuasa Ramadhan"

Terimaksih atas kunjungan anda
Mohon untuk berkomentar yang sopan, tidak mengandung kalimat yang berbau kekerasan atau kriminal
Dilarang menaruh Link Aktif di Komentar, disitu sudah tersedia Profil Name/Url silahkan dimanfaatkan

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel