Cara Mengatasi MicroSD Minta Format Di Android

Cara Mengatasi MicroSD Minta Format Di Android
microSD memang sangat penting, karena disitu semua pastinya kita menyimpan data-data Android kita baik data aplikasi maupun data foto dan lain-lain, tapi bagaimana jika tiba-tiba microSD rusak dan tidak terbaca di Android kita? ini yang saya alami beberapa hari lalu. Saat nyalakan Android tiba-tiba gambar microSD ada tanda Pentungnya di Notification Bar, setelah di klik dan ternyata muncul pop up bahwa microSD harus di format karena tidak terbaca, sesaat udah panik. tapi karena baxkground saya teknisi komputer yang sering juga di mintai tolong customer buat benerin kasus seperti ini jadi agak tenang, kalaupun memang harus di format ya tidak masalah karena data bisa di recovery. Ok langsung saja begini Cara Mengatasi MicroSD Minta Di Format Di Android.

Indikasi Awal  
  • Muncul Notifikasi gambar microSD seperti ini   dengan tulisan "SD is Blank and Has UnSupported" 
    SD Format
  • Saat di klik, maka akan keluar tulisan "Format SD Card ?? All data will be lost"
    Format SD card
Cara Mengatasi MicroSD minta Di format
  1. Siapkan Cardreader dan PC atau Laptop
  2. Matikan Smartphone Android Anda dan Ambil microSD nya.
  3. Masukkan MicroSD pada Cardreader dan colokkan pada PC/Laptop.
  4. Apabila sudah terdeteksi di PC atau Laptop. Coba buka Datanya. Apabila data bisa di buka lewat PC berarti aman dan anda tidak perlu melakukan recovery, yang perlu anda lakukan hanya:
  • Backup/ Copy paste Seluruh Data pada microSD Anda
  • Format MicroSD Anda, caranya klik kanan pada drive MicroSD anda, lalu klik Format, biarkan settingan default tidak usah di ubah-ubah, lalu klik Start. tunggu proses sampai selesai
  • Kembalikan lagi data yang sudah Anda backup tadi ke dalam microSD.
  • Cabut microSD dan masukkan lagi ke dalam perangkat Android Anda, nyalakan dan berhasil microSD anda bisa terbaca.
Solusi Apabila di dalam PC/Laptop, microSD tetap minta di Format
  1. Ikuti saja perintahnya dengan menformat microSD (semua isi data anda akan hilang)
  2. Apabila berhasil di format maka drive microSD bisa dibuka dan isinya pun sudah kosong.
  3. Lakukan Recovery untuk mengembalikan Data microSD Anda (Tidak semua file bisa di Recovery)
  4. Recovery menggunakan aplikasi Easeus Data Recovery Wizard, silahkan cari di Internet dan download, lalu install pada komputer lalu lakukan Recovery. Proses recovery membutuhkan waktu lama tergantung kapasitas microSD.
Demikian trik Cara Mengatasi MicroSD minta Diformat di Android. semua cara diatas sesuai pengalaman saya mengatasi kasus tersebut. apabila tidak berhasil dan menimbulkan kehilangan data pada microSD anda buka tanggung jawab kami. kami hanya berbagi pengalaman yang pernah berhasil dan pernah gagal dalam beberapa kasus yang sama. karena keberhasilan maupun kegagalan juga ditentukan dengan kualitas microSD sobat semua. terimakasih
baca juga :

44 Responses to "Cara Mengatasi MicroSD Minta Format Di Android"

  1. dulu ane sring ngalamin kya gtu gan, ternyta gak perlu di format bisa terbaca lagi ya :( ,thanks gan artikel berserta tutorialnya bermanfaat banget :)

    ReplyDelete
  2. Dulu pernah begini, tapi sekarang udah jangan hehehe

    ReplyDelete
  3. Sd gw error gan. Trus gw format d pc jalan, tp ada 1 folder yg ga bs ke hapus. Kluar notif d pc nya"windows can't format the sd card". Trus gw cek lg d sd cardnya isinya balik semua datanya ga kehapus. Gmn tu gan tolong gw donk...

    ReplyDelete
    Replies
    1. mksudnya gan? kalo keluar notif di PC "windows can't format the sd card" berati ga bs diformat, tp kok itu bilang di format di PC jalan? kurang paham saya hehe

      Delete
    2. haha si anonym ternyata senasib sama ane, gini loh kan pas microSD nya di colokin di pc ga bisa di buka harus di format nah pas udh di format tuh lancar tp ada beberapa file dan folder tiba2 balik sendiri padahal awalnya kosong trus pas di colokin di hape filenya pd balik sendiri dan coba di masukin ke pc file itu ternyata balik semua filenya eh nyoba di format lg tp tetep gitu balik terus. iya bisa di bilang kata gampangnya seperti virus shortcut tp bukan virus soalnya di scan ga ada apa2. cuma itu aja masalahnya gara2 itu klo ane download beberapa game ga bisa masuk ke microSD sampe skrg error deh ane diemin hape ane ga pake memory card haha dah itu aja penjelasannya klo kurang jelas lg silahkan replay :D cara lain ya beli microSD lagi :v

      Delete
  4. habis saya format di pc masih gak bisa gan keluar notif di pc "windows can't format the sd card"

    ReplyDelete
    Replies
    1. ganti baru aja gan kalo emang udah ga bisa

      Delete
    2. gak ada solusi nihh??
      masak mentok sih min,, gimana??

      Delete
  5. saya udah formatlewat pc tpi gak mau juga kebaca di hape ttap juga minta format.. trus pke sd yang lain juga gak mau gan... gi mana nih..??

    ReplyDelete
  6. bang ,kalau file nya yg udah di format udah muncul semua tinggal di recovery tp kok muncul "Lisence Code" , sedangkan aku ga tau harus masukin kode nya apa ??? solusi gmn.. thx

    ReplyDelete
  7. Gimna ya gan punyaku baru 2 bulan vigen clas10 setiap abis copy data pas pertama semua data tidak bisa di hapus kaya terproteksi kemudian kurang dari seminggu minta format . Itu terjadi terusmenerus pa solusinya gan ..pa memorinya udah harus ditaruh ke tong sampah ....kesel mikirnya (dah diformat segalamacam cara sampe di reboot se hp.nya tetap aja)

    ReplyDelete
  8. Gimna ya gan punyaku baru 2 bulan vigen clas10 setiap abis copy data pas pertama semua data tidak bisa di hapus kaya terproteksi kemudian kurang dari seminggu minta format . Itu terjadi terusmenerus pa solusinya gan ..pa memorinya udah harus ditaruh ke tong sampah ....kesel mikirnya (dah diformat segalamacam cara sampe di reboot se hp.nya tetap aja)

    ReplyDelete
  9. Gimna ya gan punyaku baru 2 bulan vigen clas10 setiap abis copy data pas pertama semua data tidak bisa di hapus kaya terproteksi kemudian kurang dari seminggu minta format . Itu terjadi terusmenerus pa solusinya gan ..pa memorinya udah harus ditaruh ke tong sampah ....kesel mikirnya (dah diformat segalamacam cara sampe di reboot se hp.nya tetap aja)

    ReplyDelete
  10. Kalo gabisa di recovery gimana ya?

    ReplyDelete
  11. Terima kasih mas udah share tutorialnya
    Work banget, data2 saya berhasil diselamatkan
    :-)

    ReplyDelete
  12. halo @abdulloh aziz saya minta saran nih gmna cara recoverynya? apa harus download dlu apknya? kalau boleh tau apa nama apknya? replay ya @ABDULLOH AZIZ soalnya kesalahn saya persis sma kamu

    ReplyDelete
    Replies
    1. bisa menggunakan diskdigger, dumster dll. banyak di playstore
      kalau mau ampuh ya di recovery pake komputer

      Delete
  13. aku punya memori card tapi waktu ku masukkin ke hp ku minta format gan,trs memorinya aq pindah ke hp adikku bisa gan g ada masalah,tolong solusinya gan?

    ReplyDelete
  14. wah pas banget ni gan. sd card ane baru kmren ajah kena penyakit kaya gini.
    thanks infonya gan

    ReplyDelete
  15. thanks gan artikelnya sangat membantu pas banget sd card ane kemarin kaya gini pas baca artikel ini dan coba aplikasinya langsung bisa thanks gan semoga sukses selalu

    ReplyDelete
  16. Udah pernah nyoba tapi kok mash aja ngak bisa ya kang...solusinya..?

    ReplyDelete
  17. Gimana cara format kartu sd kalo kita gak punya kartu sd? Apakah harus pake kartu smp?

    ReplyDelete
  18. Thanks, Min. Infonya patut dicoba dan dibuktikan, mudah - mudahan aja sd card ane normal lagi, Amin.

    ReplyDelete
  19. Punya saya juga minta di format mulu tapi pas mau d recovery gamau dan ada pemberitahuan bgini "The Entered is Invalid"
    solusinya gmna yaak?

    ReplyDelete
  20. Gan klo masalah ane tu sd card minta diformat,trs ane lakuin ky petujuk agan di atas, tp sblm pencet tombol start ane liat kapasitas sd card nya kok 125 mb pd hal kapasitas aslinya 16gb. Jadi ane kgk jd format dl, nunggu petunjuk dr agan apa solusinya masa dr 16gb jd 125mb kan ya bangeten bgt. Apa sd card ane msh bs ketolong?


    ReplyDelete
  21. biasanya klo gk bisa d format memorinya dah gk bsa d pake harus gnti gan//

    ReplyDelete

Terimaksih atas kunjungan anda
Mohon untuk berkomentar yang sopan, tidak mengandung kalimat yang berbau kekerasan atau kriminal
Dilarang menaruh Link Aktif di Komentar, disitu sudah tersedia Profil Name/Url silahkan dimanfaatkan

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel