Hanacaraka, Belajar Aksara Jawa Lebih Mudah Di Android

Hanacaraka (Honocoroko), Pasti Anda sudah tahu, salah satu warisan budaya indonesia adalah Bahasa Daerah, salah satunya adalah Hanacaraka, Aksara Jawa ini mungkin sudah sedikit dilupakan oleh masyarakat Jawa. Pemerintah Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) telah meluncurkan sebuah Aplikasi Android berupa Belajar Baca Tulis dan Game Aksara Jawa Berbasis Mobile Lintas Platform untuk memperingati Hari Guru. Bahkan aplikasi Hanacaraka ini di lauching oleh Gubernur DIY Sri Sultan Hamengkubuwono X secara langsung.
baca terlebih dahulu deskripsi Hanacaraka di Android playstore berikut ini :
Dalam upaya mendukung pelestarian aset budaya bangsa yakni Aksara Jawa, Balai Teknologi Komunikasi Pendidikan (Balai Tekkomdik) Dinas Dikpora DIY telah mengembangkan Aplikasi Hanacaraka Berbasis Mobile versi 1.0. Aplikasi ini memiliki grafis yang sangat menarik, dengan konten yang cukup lengkap, diantaranya untuk versi 1.0 ini adalah Sejarah Aksara Jawa, Pentingnya Aksara Jawa, Filosofi Aksara Jawa, dan Belajar Aksara Jawa Asli dan Sandangannya, baik penulisan maupun pengucapannya. Dengan aplikasi ini, user akan diajak untuk menyelami lebih dalam dan menyenangkan mengenai Pembelajaran Aksara Jawa.
hanacaraka
Nah dengan ini diharapkan masyarakat jawa pengguna ponsel Android dapat dengan mudah belajar Aksara jawa hanya melalui ponsel pintarnya. Jika teman-teman ingat, khususnya yang tinggal di Jawa Tengah atau Daerah Istimewa Yogyakarta, mungkin terakhir kali kamu mempelajari Bahasa Jawa adalah ketika SMP atau bahkan mungkin SD. Tentunya banyak diantara dari kalian yang sudah lupa caranya menulis Aksara Jawa, ataupun udah lupa dengan bentuk huruf-huruf Aksara Jawa yang me-legenda tersebut. Malah mungkin kalian yang ngakunya dari Jawa bisa kalah jago dalam hal menulis aksara jawa dibandingkan dengan “bule” yang dewasa ini banyak sekali yang tertarik untuk belajar kebudayaan kita tersebut di salah satu univeritas lokal kita.
Hanacaraka, Belajar Aksara Jawa Lebih Mudah Di Android

di dalam aplikasi Hanacarakan ini terdapat kurang lebih 250 bahasa lokal di Indonesia termasuk diantaranya adalah Bahasa Jawa. Dengan aplikasi ini diharapkan Aksara Jawa selalu di ingat masyarakat dan menghindari agar tidak mudah punah. Sri Sultan juga mengharapkan kepada generasi sekarang agar bisa belajar dari nilai adiluhung dalam bentuk karya cipta seni ini. Selain dapat di download di Google Play Store, aplikasi bikinan Balai Tekkomdik Dinas Dikpora DIY ini juga dapat di download di App Store untuk platform iOS.
 Belajar Aksara Jawa Lebih Mudah Di Android

Aplikasi ini lebih cocok dibuka dengan tablet, karena tampilanya yang lanscape maka akan lebih mudah dibaca dengan tablet yang memiliki ukuran lebih besar. namun tetap bisa di jalankan di ponsel android kamu. jika kamu ingin mencicipi aplikasi ini, silahkan pasang melaui Link di bawah ini


Demikian ulasan tentang Aplikasi Hanacaraka, semoga bermanfaat bagi kita semua

1 Response to "Hanacaraka, Belajar Aksara Jawa Lebih Mudah Di Android"

  1. terima kasih gan infonya, saya juga membuat artikel tentang aksara jawa nih, ada tipsnya juga untuk menghafal aksara jawa nya kalo berkenan kunjungan balik di blog ane ya. terima kasih

    ReplyDelete

Terimaksih atas kunjungan anda
Mohon untuk berkomentar yang sopan, tidak mengandung kalimat yang berbau kekerasan atau kriminal
Dilarang menaruh Link Aktif di Komentar, disitu sudah tersedia Profil Name/Url silahkan dimanfaatkan

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel